Kamis, 01 Februari 2018

Cheap Dummy Load Peak Power 100Watt

Dummy Load merupakan beban tiruan yang berimpedansi 50 ohm. Aplikasinya, dalam penalaan kekuatan penguat pemancar dengan SWR dan Wattmeter dimana tidak memungkinkan perangkat penguat pemancar untuk dihubungkan ke antena atau antena berimpedansi 50 ohm belum tersedia.
Dummy Load dibangun oleh Resistor karbon dengan resistansi 50 ohm. Di pasaran terdapat Resistor dengan nilai 50 ohm, namun untuk daya sekitar 100 watt masih sulit dijumpai. Mengacu pada teori penjumlahan secara paralel dari Resistor, daya 100 watt dengan Resistansi 50 ohm dapat diperoleh dari penjumlahan paralel Resistor berdaya 5 Watt dengan Resistansi 1 Kohm sebanyak 20 buah. Hasil dari penjumlahan paralel tersebut adalah satu paket Resistor dengan daya 100 Watt dan Resistansi 50 ohm.

Silakan klik Dummy Load 12 Watt untuk desain dummy load berdaya puncak 12 watt.

Perakitan dari gabungan 20 buah Resistor 5 Watt memerlukan suatu penyangga atau dudukan supaya mudah dalam penggunaannya, dudukan dapat menggunakan dua lembar PCB, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar berikut.

  

Dari Gambar di atas komponen-komponen yang harus disediakan adalah:
- Resistor karbon 5 Watt, 1 Kohm, 20 buah.
- Tembaga Email 2mm, sepanjang 70mm, atau dapat diganti dengan kabel tembaga (tidak kritis)
- Konektor RF PL male untuk RG8
- Dua keping PCB pertinax atau Fiber
PCB dibentuk melingkar dengan diameter 70mm beserta titik-titik lubang untuk memasukan Resistor, Email 2mm dan konektor PL, sketsa untuk PCB dummy load diperlihatkan oleh Gambar berikut.


 
Dan berikut ilustrasi antara PCB, Email dan Resistor.


Semua Resistor dan Email dimasukan ke lubang-lubang pada kedua keping PCB, seperti Gambar berikut.


Penyolderan dilakukan antara kaki Resistor, Email dan PCB, seperti pada Gambar berikut.


Pada Tembaga Email ditambahkan sebuah selongsong isolator tahan panas, kemudian diikuti oleh pemasangan konektor PL, seperti pada Gambar berikut.



Antara PCB dan konektol PL dilakukan penyolderan, termasuk antara Email dan terminal inti konektor PL. disarankan dalam penyolderan menggunakan perangkat solder dengan kapasaitas minimal 60 Watt. Ilustrasi hasil akhir diperlihkan pada Gambar berikut.


Daya puncak dari dummy load ini adalah 100 Watt, dalam aplikasinya, 10% di bawah 100 Watt merupakan ambang aman. Permasalahan yang timbul ketika dalam penggunaannya adalah suhu perangkat dummy load berbanding lurus terhadap besar daya RF yang diumpankan dan berbanding lurus juga terhadap durasi pembebanan. Dan berikut adalah Gambar dummy load hasil perakitan dan pengukuran besar Resitansi.





Thanks for Visit
S U W O K O

4 komentar: